Aktuator
Bagian yang berfungsi sebagai penggerak dari perintah yang diberikan oleh input.
Bagian yang berfungsi sebagai penggerak dari perintah yang diberikan oleh input.
Aktuator terbagi dalam beberapa macam yaitu :
v Aktuator tenaga elektris
Biasanya digunakan seleniod.
Biasanya digunakan seleniod.
v Aktuator tenaga hidrolik
Torsi besar dan konstruksi nya sukar.
Torsi besar dan konstruksi nya sukar.
v Aktuator tenaga pneumatic
Sukar dikendalikan.
Sukar dikendalikan.
v Aktuator Lainnya
Magnetic & Ultra sound
Magnetic & Ultra sound
Keunggulan Aktuator Elektris
Ø Mudah dalam pengontrolan
Ø Mulai dari mW sampai MW
Ø Berkecepatan tinggi 1000-10.000 RPM
Ø Banyak macamnya
Ø Akurasi tinggi
Ø Torsi ideal untuk pergerakan
Ø Efesiensi tinggi
Jenis-Jenis Aktuator Elektris
ü Solenoid
ü Motor steaper
ü Motor DC
ü Brush less DC-Motors
ü Motor induksi
ü Motor singkron
Solenoid
§ Solenoid adalah alat yang dipakai untuk mengkonvensi sinyal elektrik atau arus lisrik menjadi gerak linier makanik.
§ Solenoid dibuat dari kumparan dan inti besi yang dapat digerakkan.
§ Kekuatan menarik dan mendorong ditentukan oleh jumlah lilitan pada kumparan.
Aktuator Pneumatic
Tekanan masukan katup adalah "sinyal kontrol." Hal ini dapat datang dari berbagai alat ukur, dan masing-masing tekanan yang berbeda adalah berbeda untuk set point katup. Sebuah sinyal standar khas adalah 20-100 kPa. Sebagai contoh, katup dapat mengendalikan tekanan dalam bejana yang keluar aliran-konstan, dan bervariasi dalam-aliran (bervariasi oleh aktuator dan katup). Sebuah pemancar tekanan akan memantau tekanan dalam kapal dan mengirimkan sinyal 20-100 kPa. 20 kPa berarti ada tekanan ada, 100 kPa berarti ada rentang tekanan penuh (dapat bervariasi dengan titik kalibrasi transmiters). Sebagai tekanan terbit di kapal, output dari pemancar meningkat, peningkatan tekanan dikirim ke katup, yang menyebabkan katup untuk downard stroke, dan mulai menutup katup, mengurangi aliran ke pembuluh darah, mengurangi tekanan dalam kapal sebagai tekanan kelebihan dievakuasi melalui mengalir keluar. Ini disebut proses bertindak langsung.
Aktuator Pneumatic
Sebuah aktuator pneumatik mengubah energi (biasanya dalam bentuk kompresi udara) menjadi gerak. Gerak dapat berputar atau linier, tergantung pada jenis aktuator. Beberapa jenis aktuator pneumatik meliputi:
Ikat batang silinder
Rotary actuator
Grippers
Rodless aktuator dengan linkage magnetik atau silinder putar
Rodless aktuator dengan hubungan mekanis
Pneumatic otot buatan
Khusus aktuator yang menggabungkan gerak putar dan linier-sering digunakan untuk menjepit operasi
Vacuum generatorSebuah aktuator pneumatik terutama terdiri dari sebuah piston, silinder, dan katup atau port. Piston ditutupi oleh diafragma, atau segel, yang menjaga udara di bagian atas silinder, sehingga tekanan udara untuk memaksa diafragma ke bawah, bergerak di bawah piston, yang pada gilirannya menggerakkan batang katup, yang terkait dengan internal yang bagian aktuator. Aktuator pneumatik mungkin hanya memiliki satu tempat untuk atas sinyal masukan, atau bawah, tergantung pada tindakan yang diperlukan. Katup memerlukan sedikit tekanan untuk mengoperasikan dan biasanya dua atau tiga kekuatan masukan. Semakin besar ukuran piston, semakin besar tekanan output dapat. Memiliki piston yang lebih besar juga bisa baik jika pasokan udara rendah, yang memungkinkan kekuatan yang sama dengan input kurang. Tekanan-tekanan yang cukup besar untuk menghancurkan objek dalam pipa. Pada 100 kPa masukan, Anda bisa mengangkat sebuah mobil kecil (ke atas £ 1.000) mudah, dan ini hanya dasar, katup pneumatik kecil. Namun, kekuatan yang dihasilkan dibutuhkan batang akan terlalu besar dan menyebabkan batang katup untuk gagal.Tekanan ini ditransfer ke batang katup, yang dihubungkan ke steker baik katup (lihat katup plug), katup kupu-kupu dll kekuatan yang lebih besar diperlukan dalam tekanan tinggi atau pipa aliran tinggi untuk memungkinkan katup untuk mengatasi kekuatan-kekuatan, dan memungkinkan untuk memindahkan katup bagian yang bergerak untuk mengontrol material mengalir di dalamnya.
Ikat batang silinder
Rotary actuator
Grippers
Rodless aktuator dengan linkage magnetik atau silinder putar
Rodless aktuator dengan hubungan mekanis
Pneumatic otot buatan
Khusus aktuator yang menggabungkan gerak putar dan linier-sering digunakan untuk menjepit operasi
Vacuum generatorSebuah aktuator pneumatik terutama terdiri dari sebuah piston, silinder, dan katup atau port. Piston ditutupi oleh diafragma, atau segel, yang menjaga udara di bagian atas silinder, sehingga tekanan udara untuk memaksa diafragma ke bawah, bergerak di bawah piston, yang pada gilirannya menggerakkan batang katup, yang terkait dengan internal yang bagian aktuator. Aktuator pneumatik mungkin hanya memiliki satu tempat untuk atas sinyal masukan, atau bawah, tergantung pada tindakan yang diperlukan. Katup memerlukan sedikit tekanan untuk mengoperasikan dan biasanya dua atau tiga kekuatan masukan. Semakin besar ukuran piston, semakin besar tekanan output dapat. Memiliki piston yang lebih besar juga bisa baik jika pasokan udara rendah, yang memungkinkan kekuatan yang sama dengan input kurang. Tekanan-tekanan yang cukup besar untuk menghancurkan objek dalam pipa. Pada 100 kPa masukan, Anda bisa mengangkat sebuah mobil kecil (ke atas £ 1.000) mudah, dan ini hanya dasar, katup pneumatik kecil. Namun, kekuatan yang dihasilkan dibutuhkan batang akan terlalu besar dan menyebabkan batang katup untuk gagal.Tekanan ini ditransfer ke batang katup, yang dihubungkan ke steker baik katup (lihat katup plug), katup kupu-kupu dll kekuatan yang lebih besar diperlukan dalam tekanan tinggi atau pipa aliran tinggi untuk memungkinkan katup untuk mengatasi kekuatan-kekuatan, dan memungkinkan untuk memindahkan katup bagian yang bergerak untuk mengontrol material mengalir di dalamnya.
Tekanan masukan katup adalah "sinyal kontrol." Hal ini dapat datang dari berbagai alat ukur, dan masing-masing tekanan yang berbeda adalah berbeda untuk set point katup. Sebuah sinyal standar khas adalah 20-100 kPa. Sebagai contoh, katup dapat mengendalikan tekanan dalam bejana yang keluar aliran-konstan, dan bervariasi dalam-aliran (bervariasi oleh aktuator dan katup). Sebuah pemancar tekanan akan memantau tekanan dalam kapal dan mengirimkan sinyal 20-100 kPa. 20 kPa berarti ada tekanan ada, 100 kPa berarti ada rentang tekanan penuh (dapat bervariasi dengan titik kalibrasi transmiters). Sebagai tekanan terbit di kapal, output dari pemancar meningkat, peningkatan tekanan dikirim ke katup, yang menyebabkan katup untuk downard stroke, dan mulai menutup katup, mengurangi aliran ke pembuluh darah, mengurangi tekanan dalam kapal sebagai tekanan kelebihan dievakuasi melalui mengalir keluar. Ini disebut proses bertindak langsung.
Motor deret
Ialah motor yang gulungan magnetnya dihubungkan deret dengan gulungan angkernya.
Motor Shunt
Motor shunt adalah motor yang gulungan magnetnya langsung dihubungkan dengan jala-jala, demikian juga gulungan angkernya, ini berarti gulungan magnetnya dihubungkan jajar dengan gulungan angker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar